Jumat, 07 September 2018

ANALISA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ( A-GTK )

PENDATAAN A-GTK PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR

ANALISA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (A-GTK)


A-GTK TERBARU V1.3 SUDAH RELEASE

Semenjak diberlakukannya undang-undang no.23 Tahun 2014 tentang Peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dan SLB dari Pemerintah Kota/Kabupaten kepada Pemerintah Provinsi, hal ini memberikan dampak perubahan yg sangat luar biasa.

Pada masa awal peralihan banyak sekali pertanyaan dan keraguan, yaitu akankah layanan kepegawaian menjadi lebih mudah, atau akankah kesejahteraan akan lebih baik dan layak, atau akankah pendataan guru dan tenaga kependidikan lebih mudah dan tidak ribet.

Untuk Guru dan Tenaga Kependidikan(GTK) yg sudah menjadi PNS/ASN tentu saja tidak ada keraguan dan bahkan banyak yg optimis dengan adanya peralihan ini, akan tetapi bagi guru honorer(GTT) dan pegawai honorer(PTT) tidak demikian.

Memasuki tahun ketiga masa peralihan pada tahun 2018 ini yaitu terhitung setelah peralihan kewenangan bulan Oktober 2016. Banyak sekali perubahan dan perbaikan layanan yg sudah dilakukan oleh pemerintah provinsi. 

Untuk data GTK khusus bagi PNS/ASN aplikasi e-master mengalami banyak perubahan/perbaikan layanan yg sangat signifikan.

Sementara untuk pendataan Guru dan Tenaga Kependidikan(GTK) yg lebih lengkap dan menyeluruh aplikasi A-GTK terbaru telah diluncurkan. Versi terbaru aplikasi A-GTK yaitu versi 1.3. Aplikasi ini mendata semua Guru dan Tenaga Kependidikan(GTK) baik yg sudah PNS/ASN maupun guru honorer(GTT) dan pegawai honorer(PTT).


Gambar tampilan halaman awal A-GTK versi 1.3

Apa manfaat dari aplikasi A-GTK ?
Aplikasi A-GTK bertujuan untuk memetakaan jumlah guru dan tenaga kependidikan di wilayah pemprov. Jatim. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat dengan mudah dalam memetakan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan.

Apa saja perubahan atau perbaikan dalam aplikasi A-GTK versi 1.3 ini ?

  1.  Perbaikan dlm entri data mata pelajaran lintas minat.
  2.  Penyederhanaan dlm entri data GTK
  3.  Menu data guru dan tenaga kependidikan menjadi terpisah.
  4.  Entri data pribadi yg lebih lengkap dan mendetail/terperinci.
  5.  Menu upload SK Pembagian Tugas Mengajar

Tutorial penggunaan aplikasi A-GTK versi 1.3 dapat dibaca disini.



Silahkan berikan komentar jika artikel ini bermanfat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar