Minggu, 09 September 2018

Perbaikan Data Nominasi Calon Peserta Ujian Nasional

CARA MELAKUKAN PERBAIKAN DATA SISWA


Langkah-langkah perbaikan Data Calon Peserta Ujian Nasional


    Semakin banyak jumlah siswa pada suatu sekolah maka semakin besar pula kemungkinan terjadi kesalahan dalam entri data siswa, hal ini tak lepas dari kesalahan manusia (human error) dalam pengentrian data. Beberapa faktor yg menyebabkan terjadinya kesalahan dalam entri data yaitu faktor kelelahan dikarenakan jumlah data yg dientri terlalu banyak, Jaringan internet lelet, keyboard error, komputer lemot, target entri data yg singkat/tidak cukup waktu dan lain sebagainya.


    Macam-macam kesalahan yg seringkali ditemukan saat pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (Capesun) adalah sebagai berikut :
1. Salah tulis/entri nama siswa
2. Salah tulis/entri tempat lahir siswa
3. Salah tulis/entri tanggal lahir siswa
4. Salah tulis/entri nama ortu siswa
5. Salah tulis/entri alamat siswa
6. Salah tulis/entri nomer peserta UN SMP


Perbaikan Data Siswa yang salah tulis alamat/nomer peserta UN SMP (no .5  & 6 ) dapat dilakukan melalui aplikasi Dapodik :
  • Login ke Dapodik
  • Masuk menu Peserta Didik
  • Cari nama siswa yg salah entri data
  • Edit data siswa, perbaiki data yg salah
  • Simpan
  • Sinkronkan Dapodik ke pusat
Tunggu 1x24 jam maka hasil perubahan data akan langsung tampil di laman PDUN. 



Perbaikan Data Siswa yang salah tulis Nama, Tempat lahir, tanggal lahir, nama ortu  (no.1 - 4 ) dapat dilakukan melalui Verval PD :

  • Masuk ke laman verval PD dengan alamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  • Login terlebih dahulu, masukkan username dan password, kemudian klik tombol login. Jika anda berhasil login maka akan tampil halaman utama vervalPD seperti gambar berikut :

  • Silahkan klik menu Edit Data, pilih Pengajuan, pilih Nama & Tanggal lahir.

setelah tampil halaman seperti berikut. silahkan klik tombol  Pilih Siswa.

Cari dan pilih nama siswa yang akan diperbaiki datanya. Isi data dengan lengkap dan benar, upload dokumen pendukungnya, selanjutnya klik Simpan.
Perubahan/perbaikan data akan berhasil jika operator cabang dinas langsung menyetujui (approve) data yang kita usulkan melalui vervalpd ini.

Kesimpulan
Jika kita ingin perubahan data yg diusulkan melalui vervalPD ini cepat disetujui, setidaknya kita harus memberikan informasi kepada operator cabang dinas setempat bahwa kita usul perbaikan data siswa. Pendekatan secara ekternal memang penting, jika kita hanya melakukan perubahan data di vervalPD tapi operator cabang dinas tidak mengetahui/menyetujui (approve) maka perubahan tidak akan ada hasilnya.


Silahkan berikan komentar jika artikel ini bermanfat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar